Digital Business

Bisnis Digital

Program Studi Bisnis Digital

Saat ini perkembangan teknologi begitu pesat. Orang semakin dimudahkan untuk menjalani kehidupan sehari-harinya. Untuk membeli makanan, pakaian, alat rumah tangga atau apapun terkait belanja online, semua bisa dilakukan melalui satu alat saja, yakni ponsel pintar berinternet. Apa yang dicari masyarakat itu karena adanya bisnis digital. Perkembangan teknologi yang pesat membuat masyarakat kini bergantung pada teknologi. Dirangkum dari Rencanamu.id, pada 2020 ini transaksi e-commerce di Indonesia bisa melampaui 130 milliar dollar atau Rp 1.755 triliun. Ini merupakan peluang yang besar untuk memasuki bisnis digital.

VISI

Menjadi program studi pelopor dalam bidang digital secara nasional pada tahun 2030 dengan mengaplikasikan teknologi informasi dan kumunikasi untuk mendukung proses bisnis.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang memenuhi standar dalam pembentukan ahli di bidang bisnis digital dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan dan memperbaharui konsep dan teknologi bisnis digital.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat di bidang bisnis dengan menerapkan teknologi dan komunikasi digital.
  4. Mengembangkan jejaring nasional dan internasional dalam pengembangan dan pembaharuan bisnis digital.

DESKRIPSI

Program studi Bisnis Digital (S1) Universitas Dipa Makassar menawarkan wawasan menarik tentang digitalisasi proses bisnis dan memberi mahasiswa pengetahuan mendalam tentang berbagai teknologi dan strategi digital yang dapat digunakan dalam manajemen bisnis. Program studi ini berfokus pada inovasi digital dalam strategi bisnis, pemasaran dan komunikasi yang akan dilakukan melalui platform digital dan media sosial, proses start-up, algoritma di balik jaringan IT dan teknologi, proses intermediasi keuangan, metode pembayaran elektronik baru dan E-government.

Profil dan Kompetensi Lulusan Prodi Bisnis Digital:

  1. Lulusan memilki kemampuan untuk membangun dan mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan teknologi digital.
  2. Lulusan memiliki kemampuan untuk merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang efektif, termasuk media sosial, konten digital, dan iklan online. Mereka dapat mengukur dan menganalisis kinerja strategi digital untuk meningkatkan hasil bisnis.
  3. Lulusan mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi berdasar atas data-data agar manajemen organisasi/institusi/lembaga di bidang bisnis digital dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya.
  4. Lulusan memiliki kemampuan untuk menganalisis data bisnis dan mengambil keputusan yang didasarkan pada bukti, menggunakan alat analisis dan teknik statistik untuk memahami tren pasar, perilaku konsumen, dan kinerja bisnis untuk meningkatkan keuntungan dan kredibilitas suatu perusahaan

Capaian Pembelajaran

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, disiplin, menghargai dan bertanggung jawab dalam kehidupan akademik, organisasi dan bermasyarakat.
  2. Berperan aktif dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, negara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila, menghargai keberagaman budaya dan pandangan, menunjukkan tanggung jawab kerja tim secara professional dalam bidang keahliannya, menginternalisasikan semangat kemandirian dan kewirausahaan, menguasai kompetensi diri dan sosial
  1. Mampu menjelaskan konsep dan teori kewirausahaan digital terkait dengan eksplorasi ide usaha digital, perencanaan usaha dan manajemen proyek bisnis digital beserta dengan resikonya, membangun tim usaha, desain model bisnis, pengembangan pemasaran digital, strategi permodalan dan studi kelayakan bisnis digital.
  2. Mampu menjelaskan konsep dan teori digital marketing terkait dengan analisis produk dan pasar digital, perilaku konsumen digital, strategi menarik pelanggan di bisnis digital, pengembangan konten marketing, penggunaan teknik dan alat pemasaran digital, dan scaleup pasar untuk meningkatkan loyalitas pelanggan digital.
  3. Mampu menjelaskan konsep dan teori data analist dan bisnis inteligensi yang mencakup analisis data, pemodelan, dan penyajian hasil menggunakan alat analisis dan teknik statistik untuk memahami tren pasar, perilaku konsumen, dan kinerja bisnis.
  1. Mampu menganalisis masalah yang kompleks, mengenali kebutuhan bisnis, serta merumuskan ide atau gagasan berkualitas terkait aplikasi interaktif, bisnis digital, atau kewirausahaan yang sesuai dengan kemajuan teknologi.
  2. Mampu membuat keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, serta dapat memberikan arahan dalam memilih solusi alternatif baik secara individu maupun dalam tim.
  3. Memiliki keterampilan manajemen tim dan kemampuan bekerja sama yang baik, dapat berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tertulis di dalam maupun di luar organisasi.
  4. Mampu menyusun dokumentasi mengenai aplikasi interaktif atau bisnis digital dalam format laporan penelitian, publikasi karya intelektual, atau studi kasus praktis dari dunia industri, serta dapat melakukan presentasi secara efektif.
  1. Mampu mengembangkan ide bisnis, menciptakan inovasi model bisnis, mengidentifikasi kebutuhan pasar, mengembangkan produk/aplikasi/platform atau layanan digital yang relevan dan sesuai dengan permintaan pelanggan.
  2. Mampu mengimplementasikan digital marketing frameworks untuk mengembangkan solusi produk, menarik pelanggan untuk melakukan pembelian dan meningkatkan branding dan loyalitas konsumen.
  3. Mampu membuat konten dengan desain visual yang menarik sesuai dengan selera dan permintaan pelanggan.
  4. Mampu melakukan analisis data secara efektif menggunakan berbagai teknik dan alat analisis data serta dapat menggunakan aplikasi pengolahan data seperti SPSS, Rapid miner dll
  5. Mampu mengintegrasikan teknologi digital dalam bidang manajemen keuangan, termasuk pembayaran digital, keamanan transaksi, dan regulasi yang mengatur layanan-layanan keuangan digital.

 

id_IDIndonesian