Digital Business

Bisnis Digital

Program Studi Bisnis Digital

Saat ini perkembangan teknologi begitu pesat. Orang semakin dimudahkan untuk menjalani kehidupan sehari-harinya. Untuk membeli makanan, pakaian, alat rumah tangga atau apapun terkait belanja online, semua bisa dilakukan melalui satu alat saja, yakni ponsel pintar berinternet. Apa yang dicari masyarakat itu karena adanya bisnis digital. Perkembangan teknologi yang pesat membuat masyarakat kini bergantung pada teknologi. Dirangkum dari Rencanamu.id, pada 2020 ini transaksi e-commerce di Indonesia bisa melampaui 130 milliar dollar atau Rp 1.755 triliun. Ini merupakan peluang yang besar untuk memasuki bisnis digital.

VISI

Menjadi program studi pelopor dalam bidang digital secara nasional pada tahun 2030 dengan mengaplikasikan teknologi informasi dan kumunikasi untuk mendukung proses bisnis.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang memenuhi standar dalam pembentukan ahli di bidang bisnis digital dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan dan memperbaharui konsep dan teknologi bisnis digital.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat di bidang bisnis dengan menerapkan teknologi dan komunikasi digital.
  4. Mengembangkan jejaring nasional dan internasional dalam pengembangan dan pembaharuan bisnis digital.

TUJUAN

  1. Menghasilkan digitalisasi proses bisnis ke sektor publik baik secara individu, industri, maupun masyarakat luas dengan menciptakan kondisi baru untuk berkomunikasi dan menciptakan model baru untuk kerja sama antara orang, perusahaan, dan otoritas publik.
  2. Menghasilkan produk inovasi digital dalam bidang bisnis yang mampu berperan dalam pembangunan ekonomi bangsa baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung proses bisnis yang mencakup aktivitas seperti berbagi informasi bisnis, memelihara hubungan bisnis, dan melakukan transaksi bisnis melalui Internet.

DESKRIPSI

Program studi Bisnis Digital memiliki kekuatan pada pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Prodi ini dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang:

  • Penguasaan start-up digital
  • Market place
  • Big data
  • Artificial intelligence

Mata kuliah :

  • Pengantar Bisnis
  • Perilaku Konsumen
  • Pemasaran Internet
  • Statistika
  • Hukum Bisnis
  • Pengantar Manajemen
  • Akuntansi Manajemen
  • E-Commerce Business
  • Database
  • Analisa Bisnis Digital
  • Matematika Bisnis
  • Strategi Bisnis Digital dan Implementasi
  • E-Marketing & E-CRM
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Etika Bisnis
  • Ekonomi Digital Baru

Profile Lulusan

Selama kuliah alumni dibekali kemampuan identifikasi bisnis dalam bidang digital, menghasilkan konsep bisnis digital dan menyusun rencana bisnis dibindang digital.

Lulusan di bekali keterampilan untuk mampu membuat dan mengembangkan aplikasi bisnis berbasis digital (start-up) juga di bekali kemapuan melihat peluang bisnis baru, menyusun rencana bisnis, mengkomunikasikan ide-ide terkini, sehingga menjadikan bisnis sebagai usaha yang berkelanjutan.

Alumni di bekali pengetahuan untuk memasarkan produk dan menarik pengguna dan masyarakat umum untuk mengubah sistem konvensional menjadi ke system digital seperti web, mobile, video dan media sosial menggunakan teknik-teknik pemasaran digital pada umumnya.

Selama kuliah alumni di bekali memiliki kemampuan sebagai analis untuk mengenditifikasi kebutuhan sistem informasi pada organisasi sesuai dengan bisnis yang dikelola, dan mengelola informasi menjadi sistem informasi.