betsdot giris
supertotobet bahissenin bahissenin
1xbet 1xbet bahisno1 bahsegel canlı casino ecopayz kaçak iddaa canlı bahis iddaa marsbahis marsbahis marsbahis marsbahis marsbahis marsbahis marsbahis marsbahis marsbahis marsbahis marsbahis marsbahis restbet canlı skor süperbahis mobilbahis
onwin
betvakti elexusbet gorabet maksibet maltcasino milosbet quennbet setrabet atlantisbahis artoscasino dumanbet elitbahis fashionbet favoribahis hiltonbet liderbahis oslobet romabet vegabet yorkbet kalebet bet10bet bahislion bahislion bahislion betpark dakikbet dumanbet fenomenbet holiganbet kalebet kolaybet lordbahis olabahis onwin piabet pusulabet süper10bet vipbahis supertotobet mariobet bahigo bahis siteleri güvenilir bahis siteleri kaçak bahis siteleri 1xbet ligobet polobet verabet
bahis bahis atlasbet baysansli bet10bet betkolik betsidney fashionbet gorabet holiganbet odeonbet romabet betasus betdoksan betgarden btcbahis casinoper casinovale coinbar eurocasino kazansana lesabahis mottobet trcasino trendbet nerobet bahistek
betgaranti betpark mariobet supertotobet tipobet betist kolaybet betmatik onwin

Software Engineering

Rekayasa Perangkat Lunak

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Di dalam Program Studi Rekayasa Perangkat lunak, mahasiswa akan mempelajari bidang ilmu terkait Software Engineering (pengembangan software, manajemen software, proses engineering, perangkat engineering dan metodologi), Data Engineering (data modelling, manajemen data berbasis pengetahuan, penerapan manajemen data), Pemrograman Multimedia & Game (Game Development, animasi 2D & 3D), dan Ubiquitous Computing (Internet of Things, Augmented Reality, Cloud Computing). Selain itu untuk menambah kompetensi para mahasiswa Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak akan dibekali pula dengan wawasan kewirausahaan, kemandirian, serta kerja sama tim agar para lulusannya mampu berkompetisi di dunia industry maupun pendidikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

VISI

Menjadi program studi unggul dan berdaya saing global dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak dengan reputasi pengembangan aplikasi game dan cloud software yang berjiwa Technopreneur pada tahun 2030.

MISI

  1. Meningkatkan mutu, akses, dan relevansi pendidikan di bidang Rekayasa Perangkat Lunak yang berorientasi technopreneur untuk menghasilkan lulusan sesuai kebutuhan dunia kerja
  2. Melakukan penelitian terapan dan pengabdian masyarakat di bidang Rekayasa Perangkat Lunak untuk mengatasi persoalan industri dan masyarakat

PROFIL SINGKAT PRODI RPL

Prodi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) berdiri pada tanggal 28 Desember 2018 untuk jenjang pendidikan S1 dan pada tahun 2021 prodi RPL mendapatkan hasil akreditasi “BAIK” dan berlaku hingga sekarang. Kurikulum didesain dengan masa studi 8 semester namun mahasiswa dimungkinkan dapat menyelesaikan studi kurang dari 8 semester. Dalam rangka mempercepat masa studi, prodi RPL memberikan fasilitas berupa Dipa Online Course kepada calon mahasiswa baru untuk mengumpulkan sks sebelum terdaftar di prodi RPL. Matakuliah disesuaikan dengan kebutuhan menjadi: software engineer berkompeten dalam dunia usaha dunia kerja, kebutuhan melanjutkan studi lanjut, dan kebutuhan untuk melahirkan startup muda dalam bidang software engineering. Dosen prodi RPL berkualifikasi S2 dan S3 serta aktif dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi di mana dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen selalu melibatkan mahasiswa prodi RPL agar mahasiswa sejak dini mendapatkan pengalaman atau temuan-temuan yang baru yang bermanfaat serta dapat mengabdikan diri ke masyarakat.

Prodi RPL sangat cocok untuk generasi milenial karena memberikan pengetahuan tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat guna, tangguh, dan mudah digunakan. Para mahasiswa akan mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien, mengembangkan aplikasi berbasis web/mobile, pembuatan dan pengembangan aplikasi game serta pengembangan perangkat lunak cloud. Dalam rangka menunjang proses pembelajaran, pengembangan bakat, serta membina kegiatan sosial mahasiswa membentuk study club dan UKM.

Peningkatan sistem komputer dan banyaknya informasi menyebabkan diperlukannya ketersediaan perangkat lunak yang tangguh dalam mengintegrasikan keduanya. Selain itu, start-up dalam bisnis digital semakin bertumbuh dan berkembang yang menyebabkan terciptanya beragam model bisnis digital baru. Hal ini menyebabkan ide inovasi bisnis digital serta teknologi membutuhkan Software Engineer yang kreatif dan inovatif. Tingginya peranan software dan software engineer telah dibuktikan dalam penciptaan peluang bisnis baru dan juga lapangan kerja sebagai software engineer yang terbuka lebar.

KEUNGGULAN PRODI RPL

  1. Menciptakan software engineer yang cerdas dan kreatif dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi Game.
  2. Menciptakan software engineer kompeten dalam pengembangan perangkat lunak cloud.
  3. Menyajikan pembelajaran startup selama 2 semester.
  4. Materi perkuliahan terintegrasi dengan hasil peneltian dan pengabdian pada masyarakat.
  5. Memfasilitasi Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) untuk mengumpulkan sks sebelum terdaftar di prodi RPL melalui aplikasi Demia.undipa.ac.id.

PROSPEK LULUSAN

  1. Menjadi sistem analyst dan system integrator, web engineer, Intelligent system developer (system pakar), software tester.
  2. Menjadi pengembang aplikasi game, game designer, animator, entrepreneur, game tester.
  3. Menjadi insinyur Cloud Software Engineer (CSE) : CSE adalah pengembang perangkat lunak yang berspesialisasi dalam bekerja pada sistem komputasi awan. CSE bertanggung jawab untuk mengawasi pengembangan sistem ini, memeliharanya, dan memastikannya berfungsi dengan baik.
  4. Dapat menjadi peneliti dalam bidang game dan perangkat lunak cloud
  5. Dapat bekerja di pemerintahan maupun swasta
    Dapat menjadi pendiri startup yang kompeten.

ALASAN MEMILIH PRODI REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)

  1. Prospek karir yang jelas.
  2. Semua perusahaan membutuhkan tenaga software engineer.
  3. Bisa menjadi startup founder.
  4. Kerja tak harus di kantor.
  5. Salary yang dimiliki cukup besar.

MATAKULIAH UNGULAN PRODI REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)

—Pemrograman—

  • Algoritma dan Pemrograman
  • Augmented Reality
  • Pemrograman Aplikasi Mobile
  • Proyek Aplikasi Startup I (Pembuatan aplikasi)
  • Proyek Aplikasi Startup II (Pengembangan aplikasi)
  • Kewirausahaan & Pameran Aplikasi

—Basis Data—

  • Sistem Basis Data
  • Basis Data Lanjut
  • NoSQL

—Perangkat Lunak—

  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Perancangan dan Konstruksi Perangkat Lunak
  • Pemodelan Perangkat Lunak
  • Teknik Kompilasi

—Game Developer—

  • Pemrograman Game
  • Game Profesional in Game
  • Teknologi Interaksi Game
  • Smart Game I
  • Smart Game II
  • Computer Vision
  • Pemodelan Objek dan Animasi

—Cloud Software Engineer—

  • Cloud Computing
  • Program Profesional in Cloud Software
  • Data Scientist I
  • Data Scientist II
  • Restful Web Service